04 Juni 2013

Sekilas tentang KA New Argo Jati

Assalamualaikum... Kali ini saya mau share ke kalian tentang salah satu kereta api dengan stasiun pemberhentian paling sedikit (karena menurut GAPEKA, kereta api ini dalam perjalanannya hanya berhenti di 2 stasiun [hebat, kan ??]), yakni KA New Argo Jati.

 Kereta Api New Argo Jati adalah kereta api kelas eksekutif argo yang dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta Gambir dari dan ke stasiun Cirebon Kejaksan. Kereta ini diluncurkan sebagai pengganti rangkaian kereta api Argo Jati (karena itu lah, alasan kenapa ditambah kata 'new' di depannya). Rangkaian kereta yang digunakan kereta api New Argo Jati adalah bekas rangkaian kereta api Argo Jati yang dihapus pengoperasiannya. Kereta api New Argo Jati berangkat dari stasiun Cirebon Kejaksan dan hanya berhenti di Stasiun Jatibarang dan Stasiun Jatinegara. Peluncuran perdana kereta api Argo Jati dilaksanakan pada tanggal 3 November 2010 sebagai pengganti rangkaian kereta api Argo Jati yang merupakan hasil improvisasi / pengembangan dari kereta api Cirebon Ekspress yang diresmikan tanggal 13 Mei 2005, Animo masyarakat kota Cirebon dan sekitarnya terhadap layanan kereta api kelas eksekutif yang semakin meningkat, sehingga PT. Kereta Api Indonesia (persero) berupaya meningkatkan layanan kelas eksekutif argo dengan jurusan Jakarta Gambir (GMR) dari dan ke stasiun Cirebon . Dengan pola operasi 2 kali PP diawali pemberangkatan awal dari Cirebon di pagi hari kembali dan berangkat lagi ke Jakarta pada siang harinya. Rangkaian kereta api New Argo Jati terdiri dari 6 kereta kelas eksekutif (seperti) pesawat, 1 kereta makan/restorasi (seperti) pesawat bermotif batik, dan 1 Kereta Pembangkit. Masing-masing kereta dilengkapi dengan informasi petunjuk urutan kereta secara digital. Terdapat pula running text, yang dapat me'warta'kan kecepatan laju kereta, stasiun yang akan datang serta waktu. Disediakan bagasi barang yang tertutup layaknya pesawat terbang. Dan juga ruang bagasi luas di ujung kereta guna menyimpan barang-barang yang lebih besar. Juga desain baru kabin yang memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang. Dilengkapi TV, Air Conditoner, Reclining Seat, Stop Kontak, Bagasi yang (cukup) aman, Toilet yang (cukup) bersih serta pelayanan restorasi dengan menggunakan Kereta Makan mempunyai eksterior dan interior batik yang memberikan nuansa batik dalam perjalanan. Mata penumpang pun dimanjakan oleh tayangan audio video dan TV flat dengan gambar serta suara lebih jernih. Kursi penumpang dapat diputar, dan pada bagian atasnya terdapat lampu baca dan penerangan yang dapat diatur sendiri oleh penumpang. Disediakan juga stop kontak untuk mengisi ulang baterai laptop ataupun handphone. Jendela penumpang dimodifikasi minimalis dilengkapi dengan tirai tarik, sehingga penumpang bisa merasa lebih terjaga privasinya. Bagi penumpang yang juga ahli hisab (eh, salah... Maksudku, ahli hisap [perokok]), telah disediakan smoking room di kereta restorasi. Namun, di bordes pun bisa digunakan untuk merokok dan disediakan kursi kecil sebagai tempat duduk (ya lumayan lah, daripada nggak dapet kursi... Hehe... :D). Toilet yang tersedia di kereta ini pun tidak kalah (kalo 'tidak kalah', berarti 'menang' dong ?) nyamannya dengan toilet ruangan yang lebih luas. Dan yang paling menarik di rangkaian kereta ini, yaitu adanya fasilitas jaringan wi-fi yang ada di kereta makan dan kereta ini merupakan Kereta Api Ramah Lingkungan / GO GREEN yang pertama di Indonesia. Sekian post saya tentang KA New Argo Jati yang saya dapat dari www.id.wikipedia.org tentunya dengan sedikit perubahan dari saya. See you on the next post ! Best regards,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan...