06 Juni 2013

Stasiun Plabuan, Stasiun Paling 'WOW' di Indonesia

Asalamualaikum... Kali ini saya mau share ke kalian tentang stasiun yang sangat menakjubkan yakni Stasiun Plabuan, kenapa menakjubkan ?

 Stasiun Plabuan (PLB, +4 mdpl) adalah stasiun kereta api yang terletak di Ketanggan, Gringsing, Batang . Stasiun ini masuk ke dalam Daop 4 Semarang. Stasiun ini diberi nama berdasarkan desa tempat stasiun ini berada. Stasiun ini terbilang unik dari segi letak karena terletak di bawah bukit, dan tak jauh dari stasiun ini sudah terbentang Laut Jawa , sehingga menjadikan Stasiun Plabuan sebagai satu-satunya stasiun KA yang terletak persis di pinggir pantai. Ini yang menyebabkan stasiun ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Karena itulah banyak railfans yang rela datang ke stasiun ini hanya untuk menikmati pemandangan yang indah ini. Stasiun ini hanya memiliki 2 jalur KA.


Namun, seiring dengan selesainya proyek jalur ganda Jakarta-Surabaya, maka posisi rel yang sebelumnya berada tepat di dekat pantai, digeser lebih ke dalam, yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan jelajah KA.Tapi tetap saja stasiun ini memyimpan banyak panorama al yang sangat indah.

Sekian post saya kali ini tentang Stasiun Plabuan, yang saya dapat dari Wikipedia. See you on the next post,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan...