03 Juli 2013

Apa itu Bogie ? dan Ada Berapa Jenisnya ? (Part II)

Assalamualaikum... Kali ini saya mau melanjutkan trilogi post saya, yang membahas tentang jenis-jenis bogie kereta dan untuk kali ini saya akan share ke kalian tentang beberapa jenis bogie gerbong barang yang dipakai di Indonesia.

 Bogie gerbong barang dibuat lebih sederhana daripada bogie kereta penumpang, yakni hanya menggunakan satu tingkat pemegasan saja, bogie gerbong barang tersebut antara lain :

1. Bogie Kuda Kepang

Bogie kuda kepang merupakan bogie dengan rangka kaku (konstruksi pelat) dengan bentuk mirip “kuda kepang“ yang menggunakan pegas daun dengan sambungan kaku tanpa ada batang ayun. Bogie ini digunakan pada gerbong tangki (KKW), Gerbong pasir (YYW), gerbong semen (TTW) dan gerbong terbuka (KKBW) yang dibuat sekitar tahun 1960 di Rumania.

2. Bogie Ride Control

Bogie ini  termasukjenis “three piece bogie“ yang mempunyai rangka fleksibel dari baja tuang, menggunakan pegas ulir dan peredam gesek yang bersifat konstan. Bogie ini digunakan pada gerbong tertutup (GGW), Gerbong pasir (YYW), gerbong balast (ZZOW), gerbong semen (TTW) dan gerbong tangki (KKW) yang dibuat oleh pabrik di Rumania, Jepang, dan Korea.

3. Bogie Barber

Bogie ini termasuk jenis “three piece bogie” yang mempunyai rangka fleksibel dari baja tuang, menggunakan pegas ulir dan peredam gesek yang bersifat variabel sesuai berat muatan gerbong. Bogie ini dibuat oleh pabrik Nippon Sharyo, PT. Barata Indonesia, Trenton Industry dan digunakan pada gerbong tertutup (GGW), gerbong tangki (KKW), gerbong batu bara (KKBW), gerbong peti kemas (PPCW).

Sekian post saya kali ini tentang Jenis Bogie Gerbong Barang yang juga saya dapatkan dari group facebook Indonesian Railfans. Semoga bermanfaat... See you on the next post,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan...