01 Juli 2013

Apa itu Bogie ? dan Ada Berapa Jenis Bogie yang Dipakai di Indonesia ? (Part I)

Assalamualaikum... Kali ini saya mau share ke kalian tentang beberapa jenis roda kereta atau bogie yang digunakan di Indonesia. Ada beberapa jenis bogie yang digunakan di indonesia, namun kali ini saya hanya akan membahas bogie kereta penumpang. Untuk jenis bogie yang lain akan saya jelaskan di part berikutnya...

 Tipe bogie yang digunakan pada kereta penumpang paling banyak variannya, karena diproduksi oleh berbagai pabrik dari berbagai negara dan sampai sekarang masih terdapat beberapa kereta penumpang yang berumur lebih dari 50 tahun. Setiap jenis bogie mempunyai nama yang berasal dari nama pabrik, nama asal negara pembuat, ataupun seri dari suatu tipe bogie, namun di Indonesia, bogie diberi nama berdasarkan bentuk dan ciri periuk gandar ( axle box ) agar lebih dikenal, seperti K-2, K-3, K-4, dst

1. Bogie Pensylvania ( Bogie K-2 )

Bogie jenis ini tinggal sedikit, namun masih dapat ditemui pada kereta ekonomi lokal dan kereta bagasi yang dibuat sekitar tahun 1954. Bogie ini merupakan satu –satunya jenis bogie yang menggunakan batang penghubung antara periuk gandar yang satu dengan yang lainnya. Pegas primer menggunakan pegas ulir sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas daun, tanpa peredam kejut

2. Bogie Cradle ( Bogie K-3 )

Bogie ini masih banyak beroperasi yaitu pada kereta ukur DINW-1 atau U25301 buatan tahun 1925 yang telah mengalami modifikasi dari plain bearing menjadi roller bearing. Pegas primer menggunakan pegas daun yang dikombinasikan dengan pegas ulir, sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas daun tanpa dilengkapi peredam kejut.

3. Bogie SIG atau NT-504 ( Bogie K-4 )

Bogie jenis ini digunakan pada kereta penumpang kelas ekonomi dan populasinya tinggal sedikit, yaitu pada kereta buatan tahun 1963 /1964. Pegas primer pada bogie ini adalah pegas ulir yang dilengkapi peredam kejut yang berfungsi sebagai pengarah gandar, sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas torsi tanpa peredam kejut.

4. Bogie NT-11 ( Bogie K-5 )

Bogie ini merupakan bogie dengan populasi terbanyak di Indonesia, dan digunakan pada kereta kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. Bogie ini menggunakan pegas ulir sebagai pegas primer maupun sekunder, yang dilengkapi dengan peredam kejut arah vertikal pada pemegasan sekunder. Kereta – kereta penumpang yang menggunakan bogie ini diproduksi oleh berbagai pabrik dari Yugoslavia, Hongaria, Jepang dan Indonesia. Selama ini, dinilai bahwa bogie ini merupakan bogie yang paling sesuai dioperasikan pada kondisi jalan rel di Indonesia.

5. Bogie Ferrostahl ( Bogie K-6 )

Bogie ini digunakan pada kereta kelas ekonomi dan kereta makan kelas ekonomi dengan populasi yang tinggal sedikit, dibuat pada tahun 1965 / 1966 di Jerman. Pegas primer pada bogie ini menggunakan pegas ulir dan pegas daun tanpa dilengkapi dengan peredam kejut.

6. Bogie Gorlitz ( K-7 )

Digunakan pada kereta eksekutif, bisnis, maupun ekonomi dengan populasi yang tidak terlalu banyak. Pegas primer maupun sekunder bogie ini menggunakan pegas ulir dan dilengkapi peredam kejut arah vertikal dan lateral. Bogie ini merupakan bogie yang tidak menggunakan pelat gesek sebagai pengarah periuk gandar.

7. Bogie NT-60 ( K-8 )

Bogie ini adalah bogie generasi baru yang dibuat tahun 1993 oleh PT.INKA untuk kereta kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. Pegas primer menggunakan pegas karet dan pegas sekunder menggunakan pegas ulir yang dilengkapi peredam kejut. Bogie ini merupakan bogie pertama tanpa menggunakan pelat gesek pada pengarah gandar maupun batang ayun.

8. Bogie Bolsterless ( K-9 )

Bogie ini merupakan bogie generasi terbaru pada kereta penumpang yang dibuat tahun 1997 untuk kelas eksekutif Kereta Api Argo Muria dan Argo Bromo Anggrek. Pada bogie ini digunakan pegas karet sebagai pegas primer dan pegas udara sebagai pegas sekunder yang dilengkapi peredam kejut dan anti-roll-device.

Sekian post saya kali ini tentang beberapa jenis bogie atau roda kereta pada kereta penumpang yang saya dapat dari group facebook Indonesian Railfans, dan sekedar untuk informasi, di part II saya akan membahas tentang bogie kereta barang di Indonesia, jadi jangan lupa mampir kesini lagi, yak... See you on the next post,

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mas klo diberi ranking antara bogie K5 K7 dan K8 paling enak yang mana ya
    no.1 = ?
    no.2 = ?
    no.3 = ?
    trims railfans daop 8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. sebenarnya semua bogie sama nyaman.nya, yang membedakan hanya spesifikasi bahan penyusun bogie.nya saja.

      salam kenal dari saya di DAOP 9 Jember

      Hapus
  3. Tambahkan gambar gan biar lebih jelas ✌

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan sopan...