10 Mei 2013

Semua tentang Lokomotif CC 204

Assalamualaikum... Kali ini saya akan membagikan informasi tentang salah satu lokomotif tercanggih milik Indonesia, yakni CC 204.

 Lokomotif CC 204 merupakan kelas lokomotif diesel-elektrik yang dirakit khusus untuk Indonesia oleh PT. General Electric Lokomotif Indonesia yang merupakan perusahaan hasil kerja sama antara General Electric Transportation dengan Industri Kereta Api (INKA) di Madiun. Lokomotif kelas ini terbagi menjadi dua seri, yaitu CC204 seri pertama yang merupakan model C18Mmi dengan shorthood mirip CC 201, dan CC204 seri kedua yang merupakan model C20EMP dengan shorthood aerodinamis seperti CC 203. Kedua seri ini sama-sama bergandar Co'Co'. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie, di mana setiap bogie mempunyai tiga poros penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor traksi tersendiri. Lokomotif ini mempunyai komponen komputer Brightstar Sirius yang dikembangkan oleh General Electric sehingga lokomotif jenis ini mampu memitigasi kerusakan sekitar 45 menit sebelum kerusakan itu terjadi. Kini mayoritas lokomotif ini terletak di dipo lokomotif Sidotopo Surabaya. Lokomotif CC204 08 dan seterusnya dibeli oleh PT. Kereta Api Indonesia senilai Rp 20.000.000.000 (bisa dibuat beli bakso berapa tuh ? ). Lokomotif ini memiliki daya tarik hingga 12 gerbong. Kecepatan maksimal lokomotif ini adalah 120 km/jam. Jenis-jenis CC 204 1. C18Mmi (seri pertama) Lokomotif CC204 seri pertama menggunakan transmisi daya elektrik AC-DC. Lokomotif jenis ini merupakan hasil rehab dan modernisasi dari lokomotif CC201 yang dilakukan pada tahun 2003 dan 2005 . Ukuran utama, bagian rangka dasar, bogie , dan body sama dengan lokomotif CC201 Generasi 1. Berikut ini adalah daftar lokomotif CC201 yang dimodifikasi menjadi lokomotif CC204: *. CC 201 03 menjadi CC 204 01 *. CC 201 11 menjadi CC 204 02 *. CC 201 16 menjadi CC 204 03 *. CC 201 37 menjadi CC 204 04 *. CC 201 32 menjadi CC 204 05 *. CC 201 06 menjadi CC 204 06 *. CC 201 12 menjadi CC 204 07 2. C20EMP (seri kedua) Lokomotif jenis ini mulai dioperasikan tahun 2006. Bentuk kabin lokomotif ini sama dengan bentuk lokomotif CC 203. Komponen lain seperti mesin diesel, motor traksi, bogie, dan seterusnya sama dengan lokomotif CC204 sebelumnya. Sampai saat ini jumlah lokomotif CC204 di Indonesia ialah 37 unit (11 unit di Sumatera Selatan & 26 unit diJawa) dan belum dipastikan apakah jumlahnya akan bertambah atau tidak. Sekian post saya tentang CC 204 kali ini, see you on the next post ! R7MVDDANMKN6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan...